Cara Budidaya Asparagus

Cara Budidaya Asparagus

  • May 8, 2020

Cara Budidaya Asparagus

Cara Budidaya Asparagus

Persiapan Lahan

Sama halnya dengan budidaya tanaman yang  lainnya, persiapan lahan ini penting untuk dilakukan. Sebelumnya, lahan perlu di bersihkan dari gulma dan juga  di lakukan pembajakan secara merata. Lahan diolah sedemikian rupa serta di tambahkan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos. Selanjutnya dibuat bedengan ukuran lebar 120cm, tinggi 20cm dan kedalaman parit 40cm.

Persiapan Benih/Bibi

Pembibitan asparagus dapat dilakukan melaui dua cara yaitu dengan cara vegetatif ( kultur jaringan, tunas atau stek ) dan generatif ( melalui biji ). Dari semua cara tersebut, pembibitan dengan  menggunakan biji adalah yang paling sering digunakan.

Dalam persiapnnya, benih atau bibit yang akan disemai perlu direndam terlebih dahulu dalam air dingin pada suhu 27 C selama 24 – 48 jam. Selama perendaman, air di ganti sebanyak 2 – 3 kali sembari membuang biji yang mengambang.

Persemaian

Benih asparagus disemai pada tanah dengan jarak tanam 15 x 10cm dengan kedalaman 2,5cm. Setiap lubang tanam di isi dengan satu biji benih yang kemudian di tutup dengan tanah dan juga  jerami di bagian atasnya.

Sewaktu di persemaian, bibit perlu di rawat agar  dapat terhindar dari serangan hama penyakit. Selain itu, perlu di lakukan pemupukan setiap 20 – 30 hari sekali  dengan menggunakan pupuk organik, kompos maupun urea.

Pindah Tanam

Pemindahan bibit dilakukan setelah bibit berumur 5 – 6 bulan. Hal – hal yang harus di perhatikan dalam pindah tanam ini adalah di antaranya, bibit yang di pindahkan adalah bibit yang sehat, bibit yang sudah di cabut harus segera ditanam, akar di potong serta disisakan sekitar 20cm dan pucuk tanaman di pangkas hingga tinggi tanaman menjadi 20cm saja.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar jam 9 atau sore hari sekitar jam 4. Jarak tanam yang di gunakan dalam penanaman ini adalah berkisar 40 – 50cm untuk jarak antar tanaman dan 25cm  -1,5m untuk jarak antar baris.


Sumber: https://dota2.co.id/