Dituding Curi Data Amerika Serikat, Pemerintah Cina Tidak Terima

  • January 16, 2020

Dituding Curi Data Amerika Serikat, Pemerintah Cina Tidak Terima

Dituding Curi Data Amerika Serikat, Pemerintah Cina Tidak Terima

Hingga saat ini Huawei masih mendapat pencekalan di Amerika Serikat.

Layanan network Huawei tidak boleh digunakan di Amerika Serikat.

Alasan utama pencekalan Huawei di Amerika Serikat karena masalah keamanan. Namun, alasan utama pencekalan Huawei di AS bukanlah semata karena urusan keamanan menurut sejumlah pihak. Melainkan persaingan bisnis.

Bahkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump diperkirakan akan menandatangani kebijakan yang akan melarang operator AS menggunakan peralatan jaringan dari perusahaan Cina dalam waku dekat. Pemerintah Cina merasa Pemerintah Amerika Serikat telah mendiskriminasi perusahaan Cina.

Kementerian Luar Negeri Cina berharap semua negara akan mematuhi prinsip

persaingan yang sehat. Kementerian Luar Negeri Cina berharap semua Negara dapat bersaing dalam bisnis secara sehat.

Berdasarkan laporan dari Xinhua, Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence telah memperingatkan sekutunya untuk menganggap serius ancaman yang ditimbulkan oleh perusahaan Cina seperti Huawei ketika mereka mencari mitra untuk membangun infrastruktur jaringan 5G. Selain itu, laporan juga menyebutkan bahwa sejumlah pejabat AS berpendapat bahwa perusahaan Cina seperti Huawei atau ZTE dapat dipaksa untuk menyerahkan informasi seputar Amerika Seriket kepada intelijen Cina seperti yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Intelijen Nasional Cina.

“Ini merupakan sebuah kekeliruan dan kesalahan dalam menafsirkan UU tersebut,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang berdasarkan keterangan resmi yang diterima Selular.ID.

UU Intelijen Nasional Cina menetapkan kewajiban organisasi dan warga negara

untuk mendukung pekerjaan intelijen nasional dalam peraturan hukum di Cina. Yang dimaksud dalam UU tersebut adalah intelijen negara wajib mematuhi undang-undang, menghormati, melindungi hak asasi manusia serta melindungi hak individu dan organisasi.

 

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/5e18c47b09b5ca4409299731/