Facebook memperingatkan video menyesatkan Biden yang mendukung Trump adalah 'sebagian salah'

Facebook memperingatkan video menyesatkan Biden yang mendukung Trump adalah ‘sebagian salah’

  • May 15, 2020

Facebook memperingatkan video menyesatkan Biden yang mendukung Trump adalah ‘sebagian salah’

 

Facebook memperingatkan video menyesatkan Biden yang mendukung Trump adalah 'sebagian salah'
Facebook memperingatkan video menyesatkan Biden yang mendukung Trump adalah ‘sebagian salah’Facebook memperingatkan video menyesatkan Biden yang mendukung Trump adalah ‘sebagian salah’

 

Tak lama setelah Twitter mulai memberi label video politik yang menyesatkan, Facebook mengikutinya dengan penafiannya sendiri atas konten tersebut.

Twitter pertama kali menggunakan label ‘media yang dimanipulasi’ pada video Joe Biden yang diedit yang dibagikan oleh direktur media sosial Gedung Putih Dan Scavino dan di-retweet oleh Donald Trump. Dalam video tersebut, sebuah pidato Biden diedit untuk membuatnya seolah dia mengatakan “kita hanya dapat memilih kembali Donald Trump.”
Konferensi TNW Couch

Bergabunglah dengan lokakarya online & diskusi real-time tentang navigasi tahun depan
DAFTAR SEKARANG

Meskipun tidak ada kata-kata yang diubah, kalimat lengkapnya adalah “kita hanya dapat memilih kembali Donald Trump jika kita terlibat dalam regu tembak melingkar di sini.” Sentimen yang cukup berbeda.

Video yang sama telah membuat putaran di Facebook, dan perusahaan telah menanggapi hal yang sama. Video

ditampilkan dengan peringatan “sebagian informasi salah” yang ditampilkan sebelum memutar video, mencatat bahwa video telah “diperiksa oleh pemeriksa fakta independen.”

Anda kemudian dapat mengetuk “Lihat Mengapa” untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana video ditentukan untuk memasukkan informasi palsu. Ketika Anda mengklik, Facebook membuka jendela yang mengatakan posting berisi “campuran pernyataan benar dan salah atau itu bisa saja tidak lengkap. Dalam beberapa kasus, informasi itu menyesatkan. ” Itu juga mencantumkan beberapa organisasi yang telah memberikan informasi yang benar.

Perusahaan mengatakan kepada CNBC bahwa itu “mengurangi distribusi

dan menampilkan label peringatan dengan lebih banyak konteks bagi orang yang melihatnya, mencoba untuk membagikannya, atau sudah memilikinya.” Memang, ketika Anda mengklik tombol ‘Bagikan’, Anda akan bertemu dengan prompt peringatan yang mengatakan:

“Pemeriksa fakta independen di Lead Stories dan AFP Amerika Serikat mengatakan posting ini memiliki informasi

yang salah. Untuk membantu menghentikan penyebaran berita palsu, pemberitahuan akan ditambahkan ke posting Anda jika Anda memutuskan untuk membagikan ini.
Halaman dan situs web yang berulang kali menerbitkan atau berbagi berita palsu akan melihat distribusinya secara keseluruhan berkurang dan dibatasi dengan cara lain. ”

Anda kemudian diminta lagi untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin membagikan rekaman tersebut. Namun, pada saat penulisan, label peringatan tidak muncul ketika menyematkan video di situs eksternal.

Semua ini dikatakan, Twitter dan Facebook memasuki perairan keruh di sini, dan mereka mungkin memicu kritik kurang dengan label yang lebih bernuansa. Dalam kasus Twitter, orang dapat berargumen ‘menyesatkan’ atau ‘konteks yang hilang’ menggambarkan video lebih akurat daripada ‘dimanipulasi.’ Yang terakhir ini mungkin secara sehari-hari menyarankan cuplikan rekaman yang lebih luas.

Memang, inilah bagaimana Scavino dan yang lainnya mempertahankan klip video itu, dengan menyatakan bahwa itu

tidak ‘dimanipulasi’, tetapi hanya ‘diperpendek.’ Sayangnya, tidak perlu jenius yang stabil untuk mengetahui bahwa video kehilangan konteks penting – seperti Anda tahu , sisa kalimat – menyesatkan. Anda tidak perlu berbohong untuk menyebarkan disinformasi.

Baca Juga: