KEINDAHAN MENURUT PANDANGAN ROMANTIK

KEINDAHAN MENURUT PANDANGAN ROMANTIK

  • March 16, 2020

KEINDAHAN MENURUT PANDANGAN ROMANTIK

KEINDAHAN MENURUT PANDANGAN ROMANTIK
KEINDAHAN MENURUT PANDANGAN ROMANTIK

Dalam buku AN Essay on Man (1954), Ems Cassirer mengatakan bahwa arti keindahan tidak bisa pemah selesai diperdebatkan. Meskipun demikian, kita dapat menggunakan kata-kata penyair romantik John Keats (1795-1821) sebagai pegangan, Dalam Endymion dia berkata :

Ø A thing of beuty is a joy forever

Ø its loveliness iscreases; it wil never pass into notl1ingness

Dia mengatakan, bahwa sesuatu yang indah adalah keriangan selama-lamanya, kemolekannya bertambah, dan tidak pemah berlalu ke ketiadaan. Dari sini kita mengetahui bahwa keindahan hanyalah sebuah konsep yang baru berkomunikasi setelah mempunyai bentuk. Karena itu dia tidak berbicara langsung mengenai keindahan, akan tetapi sesuatu yang indah.

  1. RENUNGAN

Renungan berasal dari kata renung : artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau

memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori. Teori-teori itu ialah : teori pengungkapan. Teori metafisik dan teori psikologik.

  1. TEORI PENGUNGKAPAN

Dalil dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dati perasaan manusia ). Teori ini terutarna bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan suatu karya seni. Tokoh teori ekspresi yangpalingterkenal ialah filsufltalia Benedeto Croce (1886-1952) dengan karyanya yang telah diteIjemahkan kedalarn bahasa Inggris “aesthetic as Science of Expresion and General Linguistic”. Beliau antara lain menyatakan bahwa “art is expression of impressions” (Seni adalahpengungkapan dari kesan-kesan) Expressionadalah sarnadengan intuition. Dan intuisi adalahpengetahuan intuitifyang diperolehmelalui penghayatantentang hal-hal individuil yang menghasilkan garnbaran angan-angan (images).

Sumber : https://apartemenjogja.id/