Matahari Terbit Terindah di Kamboja

Matahari Terbit Terindah di Kamboja

  • August 6, 2019

Matahari Terbit Terindah di Kamboja

Matahari Terbit Terindah di Kamboja

Mau lihat sunrise terindah saat liburan di Kamboja?

Datanglah ke Angkor Wat. Dari sinilah, panorama matahari terbit akan membuat Anda jatuh hati.

Pagi itu, langit Siem Reap, Kamboja cukup cerah. Akhir-akhir ini Kamboja jarang diguyur hujan, kata warga sekitar. Kesempatan ini tak saya sia-siakan untuk menikmati matahari terbit di balik candi Angkor Wat yang kata sebagian orang pemandangannya cantik.

Kamis (5/5/2016) sekitar pukul 04.30 pagi, saya bersiap meninggalkan hotel menuju Angor Wat. Semalam, saya sudah meminta kepada petugas hotel untuk memanggil remork atau tuk-tuk, transportasi khas Kamboja. Saya menginap di Sofitel Angkor Phokeethra Golf di Siem Reap, Kamboja.

Siap-siap naik tuk-tuk

Sesampainya di lobi hotel sekitar 05.00 pagi, remork sudah siap mengantar saya dan dua teman lain. Tak menunggu waktu lama, kami pun menaiki remork tersebut.

Oh ya, untuk menyewa remork ini dari hotel ke Angkor Wat, menurut petugas hotel, kami harus membayar USD 10 (Rp 133 ribu). Ya, pembayaran apa pun di Kamboja bisa menggunakan dolar Amerika. Tapi jika uangnya lebih, maka kembaliannya dalam bentuk mata uang Riel Kamboja. Tarif USD 10 itu sudah termasuk pulang pergi dari hotel ke Angkor Wat, dan sopir remork dengan sabar menunggu kami hingga pulang kembali ke hotel.

Remork pun mulai menyusuri jalanan Siem Reap, Kamboja di pagi hari yang masih gelap. Sebelum masuk ke Angkor Wat, kami diharuskan membeli Angkor Pass, semacam tiket masuk. Lokasi pembelian tiket masuk cukup jauh dengan Angkor Wat.

Saat membeli Angkor Pass, antrean tidak begitu mengular. Jadi, saya bisa dengan cepat membelinya. Ketika membeli Angkor Pass, kita diharuskan foto diri terlebih dahulu. Petugas loket Angkor Pass akan mengarahkan untuk berfoto.

Bukti tiket ke Angkor Wat

Tarif Angkor Pass ini adalah USD 20 (Rp 266 ribu) untuk seharian penuh. Dengan satu Angkor Pass, kita bisa mengujungi kuil-kuil selain Angkor Wat selama seharian penuh. Kuil-kuil di sana bisa dikunjungi mulai pukul 05.30 hingga pukul 17.30 waktu setempat.

Anda juga bisa membeli Angkor Pass untuk penggunaan 3 hari dan 7 hari. Angkor Pass untuk 3 hari dibanderol USD 40 (Rp 532 ribu) sementara untuk 7 hari USD 60 (Rp 799 ribu).

Selesai membeli Angkor Pass, kami pun tak membuang waktu untuk menuju Angkor Wat. Jangan sampai ketinggalan pemandangan cantik matahari terbit di balik Angkor Wat. Perjalanan dari tempat pembelian Angkor Pass ke Angkor Wat memakan waktu sekitar 15 menit.

Turis-turis yang siap berburu sunrise (Rangga/detikTravel)

Beruntung, sesampainya di depan Angkor Wat, matahari belum sepenuhnya terbit. Hanya ada cahaya oranye yang membias di balik awan.

Ternyata, di sekitar danau di depan Angkor Wat, wisatawan sudah ramai menunggu pemandangan cantik ini. Mereka sudah menyiapkan beragam perangkat untuk merekam kesempatan emas ini. Mulai dari kamera foto, hingga kamera video lengkap dengan tripotnya sudah disiapkan.

Perlahan, matahari mulai mengintip di balik kuil Angkor Wat. Warna jingganya begitu menarik dipadu dengan bangunan tegas khas Angkor Wat. Tak membuang waktu, saya pun langsung mengambil gambar pemandangan cantik ini.

Matahari yang terlihat malu-malu (Rangga/detikTravel)

Pemandangan yang sangat syahdu (Rangga/detikTravel)

Puas mengambil gambar, saya dan dua teman lainnya memutuskan untuk masuk ke Angkor Wat. Kami harus menaiki beberapa anak tangga untuk bisa masuk ke Angkor Wat.

Bangunannya terlihat cukup kokoh. Tak hanya kokoh, bangunan kuil ini juga terlihat sangat presisi.

Ketika berada di dalam, langkah saya terhenti di salah satu sudut seperti tempat peribadatan. Di sana ada biarawan yang duduk lengkap dengan pakaian khasnya. Di sebelahnya terdapat kotak donasi.

Sudut-sudut Angkor Wat (Rangga/detikTravel)

Salah satu teman saya memutuskan untuk memberikan donasi. Setelah memasukkan uang ke kotak donasi tersebut, biarawan pun mengikatkan sebuah gelang ke lengan teman saya sambil mengucapkan semacam doa atau mantra.

Lelah sekaligus puas berjalan-jalan di sekitar Angkor Wat, sudah waktunya kami kembali ke hotel untuk sarapan. Pengemudi remork dengan setia menunggu di lokasi parkir di luar Angkor Wat. Kami pun langsung menuju hotel.


Baca Artikel Lainnya: