Mengambil gambar dalam cahaya rendah dengan ponsel Anda 13 tips untuk memotret seperti seorang profesional

Mengambil gambar dalam cahaya rendah dengan ponsel Anda: 13 tips untuk memotret seperti seorang profesional

  • May 21, 2020

Mengambil gambar dalam cahaya rendah dengan ponsel Anda: 13 tips untuk memotret seperti seorang profesional

 

Mengambil gambar dalam cahaya rendah dengan ponsel Anda 13 tips untuk memotret seperti seorang profesional
Mengambil gambar dalam cahaya rendah dengan ponsel Anda 13 tips untuk memotret seperti seorang profesional

Dengan 4 Juli yang akan datang, Anda harus memastikan Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari kamera ponsel Anda untuk kembang api malam hari itu.

Meskipun ponsel berbeda dalam kualitas dan fitur secara signifikan, masih ada beberapa trik umum – baik teknis maupun akal sehat – Anda dapat memanfaatkannya untuk memaksimalkan kualitas gambar dalam cahaya rendah.

Teknis primer: Memahami paparan
Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG
Sebelum kita mulai, Anda harus memahami dua variabel utama yang mempengaruhi eksposur (seberapa terang gambar muncul) pada ponsel Anda: kecepatan rana dan ISO.

Rana mengontrol berapa lama cahaya menyentuh sensor. Semakin lama rana terbuka, gambar akan lebih terang. Namun, Anda berisiko mengaburkan gambar karena gerakan.

Nilai ISO, di sisi lain, menentukan sensitivitas elektronik sensor terhadap cahaya. ISO yang lebih tinggi memungkinkan Anda untuk mencerahkan gambar tanpa mengubah kecepatan rana, tetapi selalu dengan mengorbankan gambar yang lebih berisik.

Catatan: Ada variabel eksposur penting ketiga yang disebut apertur, tetapi karena ini sangat jarang dapat dimodifikasi pada ponsel, kami meninggalkannya untuk saat ini. Untuk melihat tiga wajah paparan secara menyeluruh, lihat panduan hebat Cambridge in Color di sini .

Mengerti? Mari kita mulai.

1) Ekspos dengan benar dari awal
Pastikan Anda benar-benar mengetuk subjek di layar ponsel Anda sehingga kamera mengatur eksposur yang tepat (dan fokus).

Jika perlu, gunakan alat kompensasi pencahayaan di ponsel Anda untuk memperbaiki keadaan; Foto kurang cahaya kurang mudah ditempa untuk diedit nanti, jadi pastikan subjek Anda diterangi dengan baik dari awal.

2) Pergi manual
Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasil maksimal dari gambar Anda, pelajari cara menyesuaikan pengaturan secara manual seperti kecepatan rana dan ISO yang disebutkan di atas.

pengaturan kamera telepon kecepatan rana tersebut
Kecuali dinyatakan lain, semua foto diambil dengan LG G4, yang menawarkan sejumlah besar kontrol manual
Banyak ponsel Android dan Windows memiliki opsi mode manual built-in, sedangkan ada banyak aplikasi di iOS ( VSCO , Manual , dan Obscura adalah beberapa yang bagus) yang memungkinkan Anda melakukan hal yang sama.

3) Biarkan rana Anda terbuka selama masuk akal
Karena nilai ISO secara langsung menentukan seberapa berisik suatu gambar dan celah dipasang pada telepon pintar, membiarkan rana terbuka lebih lama adalah satu-satunya pilihan Anda untuk mendapatkan gambar yang lebih bersih pada pencahayaan yang diberikan.

Namun, semakin lama kecepatan rana, semakin banyak gerakan akan buram, sehingga teknik ini paling baik untuk subjek statis – kecuali jika Anda ingin gerakan kabur untuk efek artistik .

Secara teoritis, kecepatan rana rana yang cukup lama dapat menghasilkan foto malam hari sebagai bebas noise seperti yang diambil pada siang hari. Bahkan, memperpanjang periode rana persis seperti cara stabilisasi gambar optik, yang membawa kita ke titik berikutnya …

4) Stabilkan bidikan Anda
Bersandar pada permukaan yang stabil untuk menstabilkan tembakan Anda jika memungkinkan. Bahkan jika ponsel Anda sudah memiliki stabilisasi gambar optis, ini memungkinkannya untuk menggunakan kecepatan rana yang lebih panjang dan / atau pengaturan ISO yang lebih rendah tanpa goyangan tangan Anda.

foto cahaya rendah
Kredit: Benson Chan
Tidak diambil dengan telepon tetapi tidak ada alasan Anda tidak akan bisa. Kredit Gambar: Benson Chan / Flickr
Jika Anda benar – benar ingin serius, bawa tripod telepon kecil untuk ponsel di tas Anda. Jika Anda memotret dalam mode manual, Anda bahkan dapat mengatur kecepatan rana cukup lama untuk jalur cahaya dingin .

5) Kuku keseimbangan putih
Keseimbangan putih yang baik dapat menjadi perbedaan antara warna-warna alami dan tampak seperti Anda memiliki kulit asing dan gigi kuning.

white balance untuk gambar cahaya rendah
Pencahayaan campuran mungkin sulit ditangani oleh ponsel, jadi terkadang Anda harus menggunakan apa yang terlihat terbaik bagi Anda
Semakin rendah cahayanya, semakin sulit bagi kamera Anda untuk menebak white balance yang benar, jadi berantakan dengan pengaturan ponsel Anda untuk melihat mana yang paling berhasil.

6) Gunakan cahaya lingkungan untuk keuntungan Anda
Perubahan pencahayaan kecil dapat membuat perbedaan besar pada gambar akhir Anda. Saat mengambil foto dalam cahaya rendah, gunakan cahaya apa pun yang sebenarnya tersedia untuk menerangi subjek Anda.

Objek yang lebih terang menunjukkan lebih sedikit noise, jadi jika memotret orang, pastikan cahayanya mengenai wajah mereka, bukan punggung mereka – itu bisa sesederhana seperti meminta seseorang untuk sedikit memutar tubuh mereka ke samping.

7) Gunakan flash dengan hemat
Meskipun lebih banyak cahaya pada umumnya baik, ketika semuanya berasal dari sumber titik kecil, kulit dapat terlihat kasar dan berwarna aneh, terutama karena lampu kilat sering merupakan warna yang berbeda dari cahaya di sekitarnya. Flash memiliki tempatnya, tetapi cobalah untuk tetap menggunakan cahaya lingkungan jika memungkinkan.

Flash aktif vs. stabil dengan flash off
Flash aktif vs stabil dengan flash off – Wajah Abe yang tampan tersanjung oleh cahaya lingkungan
8) Jangan memperbesar
Fotografer jalanan berkata: “perbesar dengan kakimu.” Jika Anda perlu melihat subjek Anda dengan lebih baik, bergeraklah lebih dekat. Selain menjadi tip artistik klasik, ini adalah pilihan yang lebih baik karena zoom digital pada smartphone sebenarnya tidak berguna.

Dengan pengecualian yang sangat jarang , yang dilakukan kamera Anda hanya memotong gambar sebelum foto diambil. Meskipun Anda mungkin bertahan di siang hari, dalam cahaya redup, ini tiga kali lipat bermasalah – zoom digital memperburuk kegoyahan di tangan Anda, memperbesar kebisingan dan menurunkan resolusi.

Tentu saja, Anda tidak selalu bisa mendekati subjek Anda, tetapi dalam hal ini hampir pasti lebih baik hanya memotong nanti. Lagi pula, Anda tidak dapat membuka bidikan tembakan yang telah diambil.

9) Gunakan rasio dan resolusi aspek asli Anda
Lain yang tidak perlu diganggu gugat: semakin tinggi resolusinya, semakin detail dalam gambar Anda. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa mengganti rasio aspek dapat berarti Anda memotong gambar dan menurunkan resolusi efektif.

Misalnya, banyak ponsel yang memotret dengan rasio aspek 16: 9 secara default agar sesuai dengan tampilan ponsel, meskipun sensor mereka sebenarnya 4: 3. Ini juga bukan tanaman yang bisa diabaikan; Anda secara efektif membuat sensor 25% lebih kecil. Tanaman kuadrat yang populer menghasilkan kerugian yang sama.

Sebagian besar ponsel Android dan semua perangkat iOS memiliki sensor 4: 3, tetapi beberapa perangkat seperti G4 mengaktifkannya. Anda dapat menemukan rasio aspek asli dengan melihat pengaturan mana yang menunjukkan lingkungan paling banyak di pratinjau. Ini juga akan memiliki resolusi final tertinggi.

10) Shoot Raw di Android dan Windows
Kamera Apple mungkin memiliki pemrosesan gambar yang hebat secara default, tetapi beberapa perangkat Android dan Windows kini hadir dengan keuntungan besar bagi para penjinak: Fotografi mentah.

Tidak seperti jpeg, file Raw tidak terkompresi dan tidak diproses. Ini berarti mereka dapat dimodifikasi lebih banyak , termasuk mengatur penajaman Anda sendiri, memulihkan bayangan yang dihancurkan, menyimpan highlight yang ditiup dan menemukan white balance yang sempurna.

di bawah JPEG terbuka
Langsung keluar dari kamera, di bawah JPEG terbuka
Karena tidak ada pengurangan noise atau penajaman yang diterapkan pada mereka secara otomatis, foto mentah biasanya terlihat lebih buruk, tetapi Anda kemudian dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda.

Foto yang persis sama, tetapi memproses file Raw memungkinkan saya untuk memulihkan area yang seharusnya

telah hilang
11) Gunakan filter dan edit dengan bijak
Fotografer profesional mungkin mengejek filter gambar, tetapi mereka dapat membantu mengurangi gambar yang bising.

Secara khusus, menggunakan alat ‘Fade’ di banyak aplikasi mengurangi kontras dalam bayangan gambar yang bising, memberikan ilusi pemotretan akhir yang lebih bersih.

Beberapa fotografer juga suka menggunakan teknik yang disebut mengekspos ke kanan , di mana mereka mengambil foto yang lebih cerah dari yang diperlukan dan menggelapkannya nanti untuk mengurangi noise bayangan.

Dalam hal apa pun, jaga agar hasil edit tetap halus dan mereka dapat meningkatkan gambar Anda daripada menurunkannya.

12) Konversikan ke hitam dan putih
Lebih dari sekadar berseni secara melodramatik, foto hitam putih menghilangkan kerasnya noise warna digital dan membuatnya lebih mirip butiran film.

Keseimbangan putih buruk dan gambar berbintik-bintik

Keseimbangan putih yang buruk dan gambar berbintik membuat foto ini sulit untuk diperbaiki warnanya
Ini juga menghilangkan kekhawatiran tentang keseimbangan putih atau warna kulit, dan Anda dapat lebih banyak mengacaukan paparan sebelum gambar menurunkan masa lalu yang dapat diterima.

gambar abu-abu terkonversi
Konversi ke skala abu-abu menghilangkan masalah warna dan biji-bijian, dan lebih menekankan tekstur dan garis
Bahkan jika Anda tidak menjadi hitam-putih sepenuhnya, sedikit menjenuhkan gambar Anda juga dapat membantu mereka memperkirakan bagaimana mata kita melihat dalam cahaya rendah , ketika mata kita kurang peka terhadap warna.

13) Ketahui kameramu

Last but not least, setiap kamera ponsel pintar berbeda, jadi pelajari kekuatan dan kelemahan gigi Anda.

Beberapa kamera memiliki kecenderungan kurang terekspos, yang lain menerapkan terlalu banyak penajaman. Beberapa aplikasi memberi Anda kendali atas semuanya termasuk tingkat pengurangan kebisingan, yang lain benar-benar telanjang.

Eksperimen untuk menemukan apa yang Anda sukai, dan jangan ragu untuk melihat ke dalam aplikasi pesta jika yang default tidak memenuhi kebutuhan Anda.

Sumber:

https://www.kakakpintar.id/jasa-penulis-artikel/