Microsoft Surface Duo 100% akan Pakai OS Buatan Google

Microsoft Surface Duo 100% akan Pakai OS Buatan Google

  • March 12, 2020

Microsoft Surface Duo 100% akan Pakai OS Buatan Google

 

Microsoft Surface Duo 100% akan Pakai OS Buatan Google
Microsoft Surface Duo 100% akan Pakai OS Buatan Google

Awal bulan ini, Microsoft telah memperkenalkan ponsel cerdas convertible/foldable pertamanya. Ya! Smartphone

tersebut dipanggil dengan nama Surface Duo. Lebih mengejutkan daripada desainnya yang futuristik adalah sistem operasi yang akan dibenamkan ke dalam Surface Duo.

Ya! Ponsel cerdas yang punya dua layar tersebut tidak akan berjalan dengan sistem operasi Windows Mobile. Microsoft mengatakan bahwa Surface Duo akan dibekali dengan sistem operasi Android. Seperti yang kita tahu, Android dikembangkan oleh Google yang merupakan salah satu pesaing terbesar Microsoft.

Sejalan dengan itu, Panos Panay yang merupakan Chief Product Officer di divisi perangkat keras Microsoft telah

membuat pernyataan yang menarik. Ia mengatakan bahwa “Android adalah sistem operasi terbaik untuk produk ini.” Ya! Tentu saja, produk yang dimaksud adalah Surface Duo.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Microsoft telah mencoba peruntungan dengan sistem operasi seluler yang disebut “Windows Mobile”. Sayangnya, sistem operasi ini tidak bisa bertahan lama. Ada beberapa alasan yang membuat OS ini runtuh, salah satunya tidak adanya aplikasi yang menarik yang bisa berjalan dengan Windows Mobile.

Walaupun Microsoft akhirnya menyerah pada sistem operasi mobile yang dikembangkannya, tetapi raksasa software asal Redmon tersebut akan tetap eksis di industri smartphone yang kini berkembang pesat. Untuk itulah mereka menelurkan sebuah perangkat yang dinamakan Surface Duo.

Panay lebih lanjut juga menegaskan bahwa “Kami ingin bertemu pelanggan di mana mereka berada dan mereka menggunakan Android.” Jelas, pernyataan yang keluar dari mulut seorang Chief Product Officer menegaskan bahwa perusahaannya tidak ingin sejarah yang kelam kembali terulang.

Sekedar mengingatkan kalian, Surface Duo dibuat dengan dua buah layar berukuran 5,6 inci. Di dalam tubuh

perangkat ini, Microsoft telah membenamkan chipset Snapdragon 855. Dalam hal ketebalan, Surface Duo memiliki ukuran 4,8 mm dan perangkat ini juga sudah dilengkapi fitur in-display fingerprint.

Sayangnya, Microsoft masih menutup banyak hal mengenai perangkat ini. Salah satu yang belum diumbar adalah dukungan baterai yang ditanam ke dalam Surface Duo. Namun, punya desain yang menarik dan berbekal sistem operasi Android, harapannya perangkat ini bisa laku dijual di pasaran.

Baca Juga: