Patut Dicoba, Fitur Bawaan di Smartphone yang Jarang Dipakai

  • April 21, 2020

Patut Dicoba, Fitur Bawaan di Smartphone yang Jarang Dipakai

Patut Dicoba, Fitur Bawaan di Smartphone yang Jarang Dipakai

Banyak sekali fitur atau aplikasi yang tersedia di smartphone.

Bahkan vendor smartphone berlomba-lomba membekali produknya dengan teknologi yang semakin canggih.

Namun, dengan banyaknya fitur yang hebat dari bawaan smartphone, tidak sedikit penguna yang belum mengetahui manfaat dari fitur tersebut, bahkan tidak memakainya sama sekali.

Umumnya pangguna hanya mengetahui dan menggunakan fitur bawaan seperti kamera, pemutar musik atau video, youtube, jam, kalkulator, email. Namun masih banyak lagi fitur-fitur bawaan di smartphone android. Nah berikut ini beberapa fitur yang tidak pernah “dilirik” oleh penggunanya, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

# Voice Assistant

Fitur ini bisa bermanfaat untuk membuka dan menjelankan aplikasi via suara

. Untuk di android/iPhone ada Google Assistant atau SIRI. SIRI yang ada di iPhone/iPad merupakan asisten pribadi yang cerdas membantu pengguna untuk melakukan panggilan, pesan, jadwal, kalender atau yang lainnya. Sedangkan di android ada fitur Google Now. Bahkan saat ini Google Now sudah dapat menggunakan bahasa Indonesia.

# NFC

Tidak semua smartphone ada teknologi NFC atau Near field

communication. NFC ialah teknologi yang dimiliki oleh smartphone yang berfungsi untuk saling menukar data dengan smartphone lainnya dengan jarak yang dekat sekitar 4 inci. Teknologi ini menggunakan sistem RFID atau Radio Frequency Identification. Berarti teknologi ini sama fungsinya dengan Bluetooth, namun dalam transfer data lebih cepat dari Bluetooth.

NFC bukan hanya digunakan untuk transfer file atau data, akan tetapi saat ini sudah bisa dipakai untuk periksa saldo e-money, Google Pay.

 

sumber :

https://imii.co.id/