Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

  • August 21, 2019

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

Pengertian Antropologi

Antropologi adalah ilmu tentang manusia, masa lalu dan sekarang, yang menggambarkan seorang pria melalui pengetahuan ilmu-ilmu sosial dan ilmu kehidupan (alam), serta humaniora.

Antropologi bertujuan untuk lebih memahami dan menghargai manusia sebagai homo spesies dan makhluk sosial dalam rangka interdisipliner dan komprehensif. Oleh karena itu, antropologi menggunakan evolusi biologi untuk memberikan makna dan fakta-fakta sejarah dalam menggambarkan perjalanan umat manusia di bumi sejak awal kemunculannya.

Dengan orientasi holistik, antropologi dibagi menjadi empat disiplin ilmu yang saling terkait, yaitu: antropologi biologis, antropologi sosial budaya, arkeologi, linguistik dan. Cabang keempat memiliki studi sendiri kekhususan konsentrasi penelitian akademik dan ilmiah, dengan topik yang metode penelitian unik dan berbeda.

David Hunter

Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

Koentjaraningrat

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

William A. Haviland

Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

Antropologi Sosial Budaya

Antropologi sosial adalah studi tentang hubungan antara orang-orang dan kelompok. Sementara Antropologi Budaya adalah studi banding tentang bagaimana orang memahami dunia di sekitar mereka dengan cara yang berbeda. Antropologi sosial berkaitan erat dengan sosiologi dan sejarah yang berusaha untuk memahami struktur sosial dari kelompok-kelompok sosial yang berbeda sebagai kelompok subkultur, dan etnis minoritas.

Antropologi budaya lebih terkait dengan filsafat, sastra atau sastra, dan seni bagaimana budaya mempengaruhi pengalaman seseorang (diri) dan kelompok, memberikan kontribusi untuk pemahaman yang lebih lengkap dari pengetahuan, adat istiadat, dan lembaga-lembaga publik. Dalam prakteknya tidak ada perbedaan yang sangat mencolok antara Antropologi Sosial dan Budaya Antropologi, dan sering tumpang tindih antara keduanya.

Prehistori adalah studi tentang sejarah penyebaran dan pengembangan semua budaya manusia di Bumi sebelum manusia mengenali teks atau tulisan.
Etnolinguistik antropologi adalah studi tentang karakteristik dan penggambaran tata bahasa dan bahasa ratusan suku yang ada di bumi.
Etnologi adalah ilmu tentang prinsip-prinsip budaya manusia dalam kehidupan masyarakat adat di seluruh dunia.
Etnopsikologi adalah ilmu tentang identitas nasional dan peran individu dalam bangsa dalam proses mengubah adat istiadat dan nilai-nilai universal untuk mengikuti konsep psikologi.

Antropologi Biologi/Fisik

Biologi Antropologi juga disebut antropologi fisik adalah cabang dari antropologi mempelajari primata manusia dan bukan manusia (primata non-manusia) dalam biologi arti, evolusi, dan demografi.

Biologi Antropologi / Fisik terfokus pada faktor biologis dan pengaruh sosial (atau menentukan) evolusi manusia dan primata lainnya, yang menghasilkan, memelihara, atau mengubah variasi genetik dan fisiologis pada saat ini.

Sumber : https://pensil.co.id/