Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  • August 21, 2019

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen

101 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Beserta Fungsi Dan Tujuannya- Manajemen adalah karya seni dilakukan melalui orang lain. Mary Parker Follet Definisi ini berarti bahwa seorang manajer yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Ricky W. Griffin

Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Menurut Stoner

Manajemen dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan memimpin upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuannya.

Menurut Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni pemahaman (manajemen adalah seni). Setiap pekerjaan yang dilakukan melalui orang lain.

Menurut George R. Terry

Manajemen adalah ilmu dan seni. Manajemen adalah wadah dalam ilmu tersebut, sehingga dapat diverifikasi secara umum.

Menurut Koontz

Manajemen adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman tentang ilmu yang mendasari. Oleh karena itu, seni dan ilmu daripada bertentangan satu sama lain, tetapi saling melengkapi.

Menurut Wilson Bangun

Manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. Sebuah proses adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis.

Menurut Lawrence A. Appley

Manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu melalui kerja yang dilakukan oleh orang lain.

Menurut Wikipedia

Manajemen adalah karya seni dilakukan melalui orang lain.

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen adalah elemen dasar yang akan selalu ada dan tertanam dalam proses manajemen akan digunakan sebagai acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20.

Pada saat itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, koordinasi, dan kontrol. Tapi kali ini, lima fungsi telah diringkas menjadi tiga, yaitu:

Perencanaan (planning) adalah untuk berpikir tentang apa yang akan dilakukan dengan sumber daya yang mereka miliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Perencanaan adalah proses yang paling penting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tidak dapat dijalankan.

Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan berbagi kegiatan besar menjadi acara yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam memantau dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi mereka.

Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk memastikan bahwa semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai target sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Tujuan Manajemen

Tujuan jangka pendek meliputi, tujuan tugas, tujuan kerja, dan juga tujuan dari gerak
Tujuan jangka menengah meliputi, tujuan pemasaran, tujuan produksi, tujuan keuangan, dan lain-lain.
Tujuan jangka panjang meliputi, mencari pekerjaan dan juga menyediakan beberapa pekerjaan.

Prinsiip Manajemen

Prinsip-prinsip dalam manajemen fleksibel dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi spesifik dan situasi berubah. Menurut Henry Fayol, seorang pendiri teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen terdiri dari:

Pembagian kerja (division of work)
Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
Disiplin (discipline)
Kesatuan perintah (unity of command)
Kesatuan pengarahan (unity of direction)
Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination of individual interests to the general interests)
Pembayaran upah yang adil (renumeration)
Pemusatan (centralisation)
Hirarki (hierarchy)
Tata tertib (order)
Keadilan (equity)
Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
Inisiatif (Inisiative)
Semangat kesatuan (esprits de corps)

 

Sumber: http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/pengertian-ihsan.html