Peranan Makanan Bagi Kesehatan

  • September 21, 2019

Peranan Makanan Bagi Kesehatan

Peranan Makanan Bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan teori olahraga yang saya dapatkan pada saat SMA!

Makanan yang bergizi mengandung hidrat arang, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

1. Hidrat arang
Merupakan sumber energi/tenaga. Manusia tidak bisa hidup dengan memakan satu jenis makanan saja. Vitamin C, jika dikonsumsi terlalu banyak dapat merusak unsur protein. Di samping itu, getah pepaya dapat merusak unsur protein. Jadi, kita tidak boleh memakan getah pepaya, vitamin C yang berlebihan, nanas, apalagi untuk ibu hamil dapat menggugurkan janinnya.

Adapun, makanan yang banyak mengandung hidrat arang, antara lain nasi, ketela, kentang, sagu, terigu, dan jagung. Jumlah kadar hidrat arang dari makanan di atas berbeda. Terigu terbuat dari gandum. Unsur gula yang paling rendah adalah kentang.

Orang mulai menderita penyakit biasanya pada umur 40 tahun ke atas. Semakin bertambah usia seseorang, maka fisik orang itu akan semakin menurun dan psikis orang itu semakin bertambah. Hasil persilangan antara penurunan fisik dan peningkatan psikis pada umur 40-45 tahun menunjukkan adanya gejala penyakit yang mulai datang. Akan tetapi, dengan berolahraga, maka diharapkan tidak akan terkena penyakit.

2. Lemak
Lemak juga merupakan sumber tenaga. Lemak terkandung dalam minyak kelapa, margarin, minyak hewan (yang biasanya digunakan adalah minyak babi, tetapi sekarang dilarang oleh MUI). Jika tidak mempunyai lemak, maka kita akan terlihat kurus. Hipotermia adalah hilangnya panas tubuh karena kedinginan. Pada usia masa puber I, lemak berfungsi sebagai pelumas kulit, sehingga kulitnya menjadi halus. Lemak pada wanita lebih banyak daripada lemak laki-laki.

3. Protein
Sebagai zat pemelihara dan zat pembangun dalam tubuh. Protein dihasilkan dari bahan makanan, seperti daging, ikan, susu, telur, dan lain sebagainya. Untuk mengganti sel-sel dari dalam tubuh yang rusak, perbanyaklah makanan berprotein.

4. Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral merupakan zat pelengkap dalam tubuh. Vitamin C sebagai pelindung tubuh. Vitamin tidak dapat disimpan dalam tubuh, tetapi vitamin tersebut dibutuhkan setiap hari. Orang yang awet muda, banyak memakan buah-buahan. Jahe juga dapat membuah awt muda, tetapi dapat merusak unsur protein. Buah dapat menjaga kestabilan berat badan. Buah mengandung unsur serat yang tinggi.

Sumber : https://downloadapk.co.id/