Lengkeng-Berbunga

Perawatan Untuk Menginduksi Tanaman Lengkeng Berbunga

  • December 20, 2019

Perawatan Untuk Menginduksi Tanaman Lengkeng Berbunga

 

Lengkeng-Berbunga

Indonesia mempunyai beberapa jenis tanaman lengkeng yang sulit berbunga baik rendah maupun tinggi, termasuk itoh, kristal, kristal baru, dan sebagainya. Perawatan yang dapat dilakukan untuk menginduksi tanaman lengkeng berbunga adalah sebagai berikut:

Cara Perawatannya

  1. Perawatan fisik, ialah dengan melukai batang tanaman yang lengket. Misalnya, kambium dikikis atau dikupas dari batang utama. Metode ini lebih murah tetapi memiliki aplikasi yang kurang terukur.
  2. Perawatan kimia, yaitu dengan menyediakan bahan kimia yang diinduksi. Metode ini lebih terukur dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi daripada fisik. Metode memberi dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu;
  3. Didorong di tanah di bawah area kanopi / perakaran
  4. Disemprotkan pada daun
  5. Disuntikkan pada batang utama atau akar pohon, metode ini dilakukan pada tanaman lengkeng besar yang tidak memungkinkan penyiraman atau penyemprotan.

Bunga Kelengkeng

Dilihat dari hasil penelitian tentang perlakuan kimia dengan penyiraman memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Bahan kimia yang digunakan adalah bahan kimia pengoksidasi kuat, salah satunya adalah KclO3. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan peledak sehingga kehati-hatian dalam penggunaan sangat diperlukan. Merek produk yang mengandung bahan aktif ini termasuk Longan BoosterBooster Longan, Vita Longan dan Nong feng.

Sumber : https://lahan.co.id/