Sigit Pranowo Nahkodai Program Pendidikan Vokasi UI

  • August 10, 2019

Sigit Pranowo Nahkodai Program Pendidikan Vokasi UI

Sigit Pranowo Nahkodai Program Pendidikan Vokasi UI

Sigit Pranowo Hadiwardoyo terpilih sebagai Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia

(UI) periode 2018-2022. Sigit Pranowo terpilih setelah melalui proses asesmen di Ruang Rapat A, Rektorat UI Depok, Kamis (28/12). Pada proses tersebut, Sigit Pranowo unggul dari kandidat calon dekan lainnya, yaitu Hilda Rossieta.

Dalam presentasinya pada proses asesmen, Sigit Pranowo mengungkapkan beberapa masalah yang dihadapi Vokasi UI saat ini, diantaranya adalah kualitas pengajar. Menurutnya, pengajar dari vokasi sebagian besar diisi oleh sarjana dan magister dari program akademik, sehingga kualifikasi pengajaran tidak kompatibel dengan bidang vokasi.

Mengusung tema “Reformasi Pendidikan Tinggi Vokasi” mengedepankan enam pilar

perubahan dalam menjalankan vokasi UI, yaitu: penguatan kurikulum berbasis kompetensi; penguatan sumber daya manusia; penguatan riset terapan dan pengabdian masyarakat; penguatan lulusan dan tenaga pendidik dengan sertifikasi; penguatan kerjasama dengan industri pendidikan vokasi dalam dan luar negeri; dan penguatan sumber pendanaan di luar biaya pendidikan.

Perubahan yang ingin dilakukan Sigit Pranowo sangat nyata dalam bidang penerapan kurikulum. Dia ingin menerapkan kurikulum 2018 dengan bobot pengajaran yang akan lebih banyak menitikberatkan ke arah praktik.

“80 persen pengajaran akan berada di studio atau laboratorium. Selain itu,

sistem kredit semester juga akan direvisi dengan sistem paket 40 jam per minggu. 1 SKS praktik akan senilai 170 menit,” jelas Sigit Pranowo dalam keterangan tertulis Humas dan KIP UI.

Dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, semua prodi akan memiliki minimal enam dosen tetap dan akan memiliki 50 persen dosen Lektor Kepala. Program unggulan yang lain adalah memaksimalkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UI sebagai sumber pendanaan pendidikan lain bagi Vokasi UI.

Selain itu, LSP juga berperan dalam melakukan sertifikasi profesi bagi lulusan vokasi, tenaga pendidik, serta tenaga pengajar Vokasi.

Sebagai penutup, Sigit Pranowo mengharapkan di bawah kepemimpinannya Vokasi UI dapat menjadi program vokasi dan acuan terbaik di wilayah regional ASEAN

 

Sumber :

https://www.kitabisa.com/orang-baik/2763065