SISTEM EKONOMI

  • August 5, 2019

SISTEM EKONOMI

SISTEM EKONOMI

Pada awal mulanya sistem ekonomi tercipta

karena adanya kegiatan perekonomian yang terjadi di suatu Negara , dan akhirnya para ahli Ekonomi seperti Thomas Aquero, Franas Quesvdey, Adam Smith dan akhirnya John Maynard Keynes menciptakan teori – teori tentang sistem ekonomi dan buku – buku tentang perekonomian.

Adam smith dalam bukunya

yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) yang menerangkan bahwa perdagangan bebas dan sistem kapital adalah sistem ekonomi yang dapat berjalan dengan lancar , karena sistem kapital  menjalankan perdagangan dan produksi dalam hal ini industri tanpa ada pihak yang campur tangan dalam mengatur jalannya perekonomian, oleh karena itu Adam Smith sebagai pelopor sistem  perekonomian kapitalisme.

    Dalam perkembangannya  sistem kapital banyak mengalami kendala dikarenakan terjadinya Depresi ekonomi yang melanda Amerika serikat pada tahun 1930an yang  disebabkan tidak adanya kebijakan pemerintah di bidang ekonomi , dan kesenjangan ekonomi yang sangat Nampak antara kaum borjuis atau pemilik modal dengan kaum buruh.

    Dan pada akhirnya John Maynard Keynes

dengan bukunya yang berjudul The General Theory of Employment, Interest and Money  menyimpulkan bahwa perekonomian di suatu Negara harus ada peran pemerintah dengan kebijakan – kebijakannya  agar perekonomian berjalan dengan lancar.

    Dan dalam buku The General Theory of Employment, Interest and Money juga menerangkan bahwa  ilmu ekonomi dibagi menjadi dua theory yaitu:

  1. Theory Ekonomi Makro yaitu Theory yang menerangkan  perekonomian secara keseluruhan

Contoh:

  1. Tingkat pendapatan perkapita
  2. Tingkat kesempatan kerja
  3. Pengeluaran konsumsi
  4. Fungsi saving
  5. Investasi nasional
  6. Jumlah uang yang beredar
  7. Tingkat harga
  8. Tingkat bunga
  9. Neraca pembayaran Internasional
  10. Stok kapital  nasional
  11. Hutang Pemerintah
  12. Theory Ekonomi Mikro yaitu theory yang menerangkan perekonomian dalam hal mekanisme pasar.

 Contoh :

  1.      Kenaikan harga berlaku
  2.        Pertumbuhan Perekonomian
  3.        Perkembangan Perekonomian.

Sumber : https://dogetek.co/