Standar Manajemen

  • August 1, 2019

Standar Manajemen

Standar Manajemen

Standar sistem manajemen mutu SO-9001 adalah

standar internasional tentang manajemen mutu. ISO-9001 dikeluarkan oleh International Organization for Standardization, sebuah badan yang telah mengeluarkan lebih dari 17000 standar yang berguna. ISO-9001 pertama dikeluarkan pada tahun 1987. Versi yang terbaru adalah ISO-9001:2008.

 

Standar sistem manajemen mutu ISO-9001 bertujuan

untuk menjamin konsistensi organisasi dalam menghasilkan produk yang bermutu yang dapat memuaskan pelanggannya. Untuk tujuan tersebut, ISO-9001 berisi persyaratan-persyaratan bagaimana organisasi harus mengendalikan berbagai proses yang dapat mempengaruhi mutu, baik langsung maupun maupun tidak langsung. Persyaratan tersebut pada dasarnya adalah saduran dari praktek-praktek bisnis yang sudah diakui oleh dunia industri efektif dalam upaya penjaminan mutu.

 

Manfaat dari dikembangkannya suatu standar manajemen

mutu adalah agar suatu industri bisa memperluas dan mempertahankan pasar, dimana pada jaman sekarang banyak sekali industri-industri yang tumbuh dan berkembang dengan pesat, karena itu suatu industri harus mempunyai suatu standar agar bisa bertahan dan bersaing dengan industri-industri yang lainnya. Selain itu manfaat lain yang didapat dari pengembangan standar manajemen ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kinerja serta memudahkan dalam pengendalian berbagai aktifitas. Sehingga apabila dalam menghadapi suatu masalah maka masalah tersebut dapat diselesaikan secara efektif sampai keakar-akarnya dan mencegah agar masalah tersebut tidak muncul kembali.

Tapi dalam penerapannya masih sangat sulit dilakukan karena membutuhkan tahapan-tahapan yang sestematis yang dimulai dari tahapan perencanaan perubahan, pelaksanaan, pemantauan dan tindak lanjut.

Karena itu  untuk menerapkan standar manajemen ini membutuhkan waktu yang cukup lama, variasi waktu tergantung dari ketersediaan sumber daya dalam organisasi, komitmen pihak manajemen, praktek manajemen mutu yang sudah diterapkan dan pengaturan program.

Sumber : https://pengajar.co.id/